Navigasi

Sondag 19 Mei 2013

Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi berlubang

   Karena pada dasarnya sakit gigi disebabkan oleh dua hal tersebut, yaitu karena gigi berlubang dan radang gusi.
Oke silahkan simak beberapa macam obat untuk sakit gigi berlubang tradisional berikut ini:
1. Getah Pohon Jarak
Biasanya pohon jarak sering ditemukan dipagar maupun kuburan, ternyata getahnya juga dapat mengobati sakit gigi karena mengandung zat yang dapat melumpuhkan bakteri. Caranya, ambil setangkai daun jarak, maka akan keluar getah pada tangkai yang telah anda petik. Gunakan getah tersebut pada gigi yang sakit dengan cara dioles.
2. Daun Kayu Putih
- Bahan: Daun kayu putih (10-15 gram), Air (3 gelas)
- Cara pengobatan: Rebus daun kayu putih dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelas air saja. Setelah dingin airnya digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan 2 kali sehari, tiap pagi dan sore sampai sakit gigi sembuh.
3. Daun Kitolod
Cuci dua lembar daun Kitolod hingga bersih, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil sedikit ramuan tersebut dan letakkan tepat pada gigi yang berlubang.
4. Mengobati Sakit gigi dengan bunga matahari.
Alternatif lain untuk mengobati sakit gigi dengan bahan alami atau tradisional adalah dengan bungan matahari (Helianthus annuus L). Tapi bunga matahari ini tidak hanya untuk sakit gigi saja. Menurut Dr Setiawan Dalimarta, penulis tumbuhan obat dan juga ketua Bidang Pelayanan Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (Sentra P3T) DKI Jakarta, seluruh bagian bunga matahari ternyata memiliki khasiat obat. Katanya, “Bunganya bisa untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi nyeri atau bersifat analgesik". Misalnya, untuk mengurangi sakit kepala, sakit gigi, nyeri menstruasi, atau nyeri lambung.
Sementara untuk obat sakit gigi ada takaran dan juga campurannya. berikut adalah rinciannya.
- Bahan: Bunga matahari (60 gram), Jahe (5 gram), dan air (600 cc).
- Cara pengobatan: Bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisi 300cc air. Kemudian airnya disaring dan diminum sewaktu masih hangat. Lakukan setiap hari sampai gigi tidak terasa sakit.
5. Buah Belimbing Wuluh
- Bahan: 5 buah belimbing wulu dan garam secukupnya.
- Cara pengobatan: Belimbing wuluh dicuci bersih kemudian dikunyah bersama garam tepat di gigi yang berlubang.
6. Garam
Cara ini merupakan cara paling mudah dan paling sering digunakan, caranya dengan melarutkan garam kedalam air hangat, lalu kumur-kumur dengan air garam tersebut. Sekedar informasi, garam dapat mengobati sakit gigi lantaran mengandung yodium dan bersifat basa yang dapat mematikan bakteri-bakteri dalam mulut.
7. Jeruk Nipis
Peras 1/4 jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit garam, lalu oleskan pada gigi berlubang maupun gigi sakit.
8. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh memang sudah sangat terkenal untuk mengobati sakit gigi sejak zaman dahulu sebelum ditemukan obat modern, dan sampai saat ini masih bisa kita temukan di toko obat tradisional. Cara mengobatinya cukup teteskan 2 tetes minyak cengkeh pada kapas, dan kapas tersebut masukkan pada gigi berlubang anda atau oleskan pada gigi anda yang sedang sakit.
9. Cabai Hijau
Tempelkan pada gigi yang sakit cabai hijau secukupnya yang dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Gunakan secara teratur 2 kali sehari.
10. Biji Alpukat
Ambil sebutir biji alpukat, kemudian ditumbuk halus. Hasil tumbukkan tersebut ditempelkan pada gigi yang berlubang.
11. Bawang merah
Komponen anti bakteri dikandung dalam bawang merah. Gigi bisa terlindung dari berbagai gangguan dengan mengunyah satu bawang merah setiap hari. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut. Pada area gigi atau gusi yang sakit, tempatkan sepotong kecil bawang merah. Ini bisa meredakan sakitnya.
12. Tepung lada
Jagalah kebersihan gigi dengan tepung lada, gunakan sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Gigi sensitif pun bisa diatasi dengan cara yang sama.
13. Ke Dokter
Nah, cara ini adalah cara paling akhir jika cara-cara diatas tidak ampuh bagi anda. Biasanya dokter akan mengatasi rasa sakit gigi anda langsung ke sasarannya yaitu menambal gigi berlubang ataupun akan mencabut gigi goyang anda.
Demikianlah ulasan tentang Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi berlubang semoga bermanfaat....

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking

Template by:

Free Blog Templates